Perbaikan player adalah kompetensi yang wajib dikuasai oleh siswa SMK bidang keahlianelektronika audio video. Kompetensi ini sangat diperlukan peserta didik yang mengikutiprogram pendidikan sistem ganda serta bekal sebagai seorang teknisi elektronika. Kenyataanyang terjadi di SMK Negeri 2 Kudus pada peserta didik untuk program kompetensi keahlianini, mereka tidak memiliki kompetensi perbaikan dan perawatan player sebagaimana yangdiharapkan. Metode pembelajaran praktik dengan menggunakan pendekatan pembelajaranResensi Video Portofolio serta Short Masage Service Quiz merupakan solusi yang diharapkandapat memecahkan permasalahan tersebut. Hasil penelitian tindakan dengan menggunakanmetode tersebut, terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran dimana proses pembelajaranmengalami perbaikan pada 6 indikator, serta terdapat penurunan jumlah peserta didik yangperlu melakukan remidi dari 35 % menjadi 17 % untuk siklus 1 dan 18,5 % untuk siklus 2,penurunan kelompok peserta didik remidi ini berkisar sebesar 17,2 5%. Sebaliknya terjadipeningkatan jumlah peserta didik tuntas belajar dari berkisar 65 % menjadi 83 % untuk Siklus1 dan 81, 5% untuk siklus 2. Pembelajaran Resensi Video Portofolio serta Short MasageService Quiz dapat meningkatkan kompetensi perbaikan player di SMK Negeri 2 Kudus.
Copyrights © 2017