Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan
Vol 10 No 3 (2017)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENTS DIVISIONS

Harahap, Kamila (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2019

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievements Divisions (STAD) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas VIII-3 SMP Negeri 3 Pantai Labu. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan teman sejawat sebagai observer. Pengumpulan data dilakukan secara observasidan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkanhasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pesentase ketuntasan klasikal pada kondisi siklus I sebesar 46,15%, dan pada siklus II sebesar 86,38% atau meningkat sebesar 40,23%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas dan volume kubus dan balok di kelas VIII-3 SMP Negeri 3 Pantai Labu Tahun Ajaran 2015/2016.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

litjak

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan is a peer-reviewed journal that publishes research and analysis-based articles on education policy. The journal publishes a range of education policy topics such as education management, educational evaluation and assessment, curriculum, education technology, ...