Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas metode Total Physical Response (TPR) untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas V SD Babussalam Pekanbaru. Menggunakan Pendekatan Kuantitatif dan True-Experimental Desain, penelitian ini membandingkan dua kelompok siswa yang diambil secara acak: yaitu kelompok eksperimen yang menerapkan metode TPR dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes awal dan tes akhir untuk kedua kelompok dan dianalisis dengan menggunakan metode perbandingan Uji-T dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode TPR memberikan peningkatan penguasaan kosakata yang lebih signifikan dibandingkan metode konvensional, dengan rata-rata peningkatan sebesar 24,28 (0,452) pada kelompok eksperimen dan 13,13 (0,218) pada kelompok kontrol. Hasil uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, dengan nilai t_hitung lebih besar dari t_tabel pada taraf signifikansi 5% dan 1%. Dengan demikian Metode TPR terbukti efektif untuk meningkatkan penguasaan mufrodat, sehingga disarankan untuk diterapkan lebih luas dalam pengajaran bahasa Arab, terutama untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata.
Copyrights © 2025