ARSY : Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat
Vol. 6 No. 3 (2025): ARSY : Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat

Pengaruh Metode Wisata Religi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas III SMP 1 Rambah Hilir

Hamsal, Hamsal (Unknown)
Sukri, Al (Unknown)
Hidayat, Hidayat (Unknown)
Putri, Adelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2025

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting, dan merupakan invenstasi masa depan yang tidak ternilai harganya. Oleh sebab itu, pendidikan merupakan suatu hal yang wajar jika mendapatkan kedudukan yang utama. Tentunya pendidikan yang optimal adalah pendidikan yang memiliki nilai- nilai yang sama dengan makna pendidikan, artinya pendidikan yang memanusiakan manusia, serta keseimbangan antara kognitif, efektif, dan psikomotorik, yang semestinya berjalan dengan seimbang. Adapun langkah yang harus ditempuh dalam upaya membantu mewujudkan tujuan di atas adalah dengan menumbuhkan dan membina motivasi kepada para pelaku pendidikan, terutama motivasi para siswa yang merupakan harapan bangsa untuk memacu prestasi dalam segala bidang, agar menjadi generasi-generasi yang siap dalam menghadapi tantangan masa kini dan masa yang akan datang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang meneliti dua variabel yaitu dengan mencari variabel X dengan variabel Y. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Metode Wisata Religi Terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas III Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) I Rambah Hilir dalam pendidikan agama Islam. Maka objek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas III SMPN I Rambah Hilir. Adapun besarnya sampel penulis ambil 50% dari jumlah siswa-siswi kelas III SMPN Rambah Hilir, yaitu 50 % X 87 orang = 43 orang sebagai responden.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

arsy

Publisher

Subject

Humanities

Description

ARSY : Jurnal Aplikasi Riset kapada Masyarakat is a scientific publication in the field of community service and empowerment by strengthening the fields research in applied science and social ...