JURNAL PENA EDUKASI
Vol 12, No 2 (2025): Oktober 2025 (Progress Issue)

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Perkembangbiakan Vegetatif Buatan dengan Cara Mencangkok

Qadri, Insanil (Unknown)
Danil, M. (Unknown)
Aldyza, Nadia (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2025

Abstract

Abstract: This study aims to examine the effect of implementing the Project Based Learning (PjBL) model assisted by Google Forms on students’ learning outcomes in Science subjects at Grade VI of SD Negeri 3 Simpang Mamplam. The research employed a quantitative approach with an experimental method using a one-group pretest–posttest design. The participants consisted of 30 students selected through purposive sampling. The research instruments included a learning achievement test and a motivation questionnaire, both of which were tested for validity and reliability. Data analysis involved normality, homogeneity, and Paired Sample T-Test to test the research hypothesis. The findings revealed a significant improvement in students’ learning outcomes after the implementation of the PjBL model. The mean pre-test score of 66.67 increased to 84.50 in the post-test, with a t-count value (2.634) higher than the t-table value (2.060) at a 0.05 significance level. These results indicate that project-based learning assisted by Google Forms has a significant effect on students’ learning outcomes. Overall, the PjBL model effectively enhanced students’ motivation, creativity, and critical thinking skills through contextual and collaborative learning experiences.Keywords: Project Based Learning, Google Forms, science education Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Google Formulir terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas VI SD Negeri 3 Simpang Mamplam.  penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain one group pretest–posttest. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa yang dipilih secara purposive. Instrumen yang digunakan meliputi tes hasil belajar dan kuesioner motivasi belajar yang telah diuji validitas serta reliabilitasnya. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Paired Sample T-Test untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa setelah penerapan model PjBL. Nilai rata-rata pre-test sebesar 66,67 meningkat menjadi 84,50 pada post-test, dengan nilai t-hitung (2,634) lebih besar dari t-tabel (2,060) pada taraf signifikansi 0,05. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran berbasis proyek berbantuan Google Formulir berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Penerapan model PjBL mampu meningkatkan motivasi, kreativitas, dan keterampilan berpikir kritis siswa melalui kegiatan belajar yang kontekstual dan kolaboratif. Integrasi teknologi digital seperti Google Formulir turut memperkuat efektivitas pembelajaran dan mendukung pengembangan literasi digital peserta didik.Kata Kunci: Project Based Learning, Google Formulir, pembelajaran IPA

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPE

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pena Edukasi (JPE) adalah jurnal yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dalam bidang pendidikan. ...