Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas implementasi kemitraan dalam pemasaran dan penjualan terhadap kinerja pemasaran dan penjualan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Solo Raya, serta menganalisis faktor-faktor yang mendorong UMKM menjalin kemitraan, khususnya berfokus pada pengurangan biaya, kepuasan pelanggan, dan inovasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel partnership (kemitraan dalam pemasaran dan penjualan), namun variabel pengurangan biaya dan inovasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap variabel partnership (kemitraan dalam pemasaran dan penjualan). Selain itu, variabel partnership (kemitraan dalam pemasaran dan penjualan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel perfomance (kinerja pemasaran dan penjualan). Kepuasan pelanggan memiliki peran penting sebagai pendorong terjadinya kemitraan dalam pemasaran dan penjualan antara UMKM dan pelaku usaha besar, sedangkan pengurangan biaya dan inovasi tidak memiliki dampak yang besar. Pentingnya UMKM membangun kemitraan yang berfokus pada kepuasan pelanggan sehingga dapat meningkatkan kinerja pemasaran dan penjualan.
Copyrights © 2025