Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap konsep pendidikan karakter dalam surat Lukman dengan focus penelitian yang mencakup: 1) karakter manusia dalam al-Qur‘an surat Lukman 2) nilai karakter dalam surat Lukman, 3) proses penanaman nilai karakter yang terdapat dalam surat Lukman Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis study pustaka (library reseach). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan content analysis. Dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: 1) memilih dan pengamatan secara cermat terhadap teks, 2) mengklasifikasi komponen pesan yang mengandung pendidikan karakter, 3) menganalisis data secara keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa; 1. Karakter manusia dalam al-Qur‘an surat Lukman meliputi: a) muhsinin, b) kesalehan, c) kepedulian yang tinggi, d) rendah hati, e) sombong, f) dan kufur nikmat 2. Nilai karakter dalam surat Lukman meliputi: a) nilai iman/ tauhid, b) nilai birrul waalidain (berbakti kepada orang tua), c) nilai syukur, d) bijaksana, e) nilai sabar. 3. Proses penanaman nilai karakter dalam surat Lukman yang meliputi: a) tujuan pendidikan yang termuat dalam surat Lukman adalah merupakan proses penanaman nilai dalam upaya untuk membentuk insan kamil, manusia yang kaya akan nilai-nilai karakter yang bernuansa keislaman—bercerminkan pada akhlak nabi yang bersumber pada al-Qur‘an dan hadits, b) materi pendidikan Lukman terdiri dari akidah, syari‘ah, dan akhlak, c) untuk menanamkan nilai keimanan, akhlak, dan syari‘ah Lukman menggunakan metode maw‟izdhah (nasihat), qudwah (teladan), targhib (anjuran), tarhib (ancaman) dan metode larangan.
Copyrights © 2023