Pelibatan generative AI ke dalam proses merancang arsitektur sudah banyak dilakukan. Berbagai studi juga telah dilakukan untuk menelaah penerapan generative AI di dalam proses pembelajaran arsitektur namun dalam konteks Indonesia belum banyak dipaparkan dalam tulisan ilmiah. Artikel ini berkontribusi memaparkan studi kasus kerangka pembelajaran yang menerapkan generative AI dalam penggalian ide dan konsep awal. Kerangka yang dipaparkan terdiri dari rangkaian tugas yang melibatkan generative AI dalam beberapa tahap, batasan dan metode bervariasi yaitu metode eksplorasi langsung dengan prompt, metode yang didahului inisiasi ide melalui cara konvensional (sketsa cepat, catatan, model) serta metode pendalaman melalui diskusi dengan generative AI berbasis percakapan. Pengamatan dilakukan di lingkup mahasiswa kelas eksplorasi desain yang terbatas berjumlah 10 orang. Pengamatan proses dan hasil serta jajak pendapat menunjukkan bahwa kerangka ini dapat membantu dalam pengenalan mahasiswa kepada cara kerja dan cara melibatkan generative AI serta memberikan sudut pandang untuk mengevaluasi cara yang sesuai dengan intensi eksplorasi ide. Pemaparan menunjukkan bahwa penahapan langkah serta pembedaan kedalaman keterlibatan generative AI menjadi hal yang penting untuk dapat membandingkan dan menunjukkan peran, peluang dan keterbatasan generative AI. Penyusunan rangkaian tugas dalam kerangka ini dapat menjadi masukan dan evaluasi bagi pengajar dalam upaya melibatkan AI secara lebih tepat dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2025