Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 4 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK PECAHAN PADA KOMPOSISI DAN INVERS FUNGSI

Yuningsi, Listra (Unknown)
Irmawati, Irmawati (Unknown)
Husna, Asmaul (Unknown)
Wahyuni, Wahyuni (Unknown)
Asrul, Asrul (Unknown)
Maulana, Arman (Unknown)
Usnita, Usnita (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2025

Abstract

Pemahaman konsep terhadap materi komposisi dan invers fungsi sering menjadi kendala bagi siswa, sehingga siswa sering melakukan beberapa kesalahan dalam menyelesaikan soal komposisi dan invers khususnya soal bentuk pecahan. Berdasarkan hal ini, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan siswa saat mengerjakan soal pecahan pada komposisi dan fungsi invers. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui tes dengan 2 butir soal, wawancara, dan observasi. Penelitian ini melibatkan 19 siswa kelas XI.3 SMA Negeri 3 Majene sebagai populasi. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan sampel yaitu 5 siswa sebagai sampel, berdasarkan keragaman jawaban siswa, dan objek penelitiannya yaitu hasil tes siswa. Data penelitian ini dianalis dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan mengelompokkan hasil tes berdasarkan jenis kesalahan yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan beberapa jenis kesalahan saat mengerjakan soal komposisi dan invers fungsi bentuk pecahan yaitu kesalahan konsep, algoritma, operasi, dan perhitungan. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa kesalahan yang paling umum dilakukan yaitu kesalahan algoritma.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...