Pemahaman konsep terhadap materi komposisi dan invers fungsi sering menjadi kendala bagi siswa, sehingga siswa sering melakukan beberapa kesalahan dalam menyelesaikan soal komposisi dan invers khususnya soal bentuk pecahan. Berdasarkan hal ini, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan siswa saat mengerjakan soal pecahan pada komposisi dan fungsi invers. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui tes dengan 2 butir soal, wawancara, dan observasi. Penelitian ini melibatkan 19 siswa kelas XI.3 SMA Negeri 3 Majene sebagai populasi. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan sampel yaitu 5 siswa sebagai sampel, berdasarkan keragaman jawaban siswa, dan objek penelitiannya yaitu hasil tes siswa. Data penelitian ini dianalis dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan mengelompokkan hasil tes berdasarkan jenis kesalahan yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan beberapa jenis kesalahan saat mengerjakan soal komposisi dan invers fungsi bentuk pecahan yaitu kesalahan konsep, algoritma, operasi, dan perhitungan. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa kesalahan yang paling umum dilakukan yaitu kesalahan algoritma.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025