Implementasi Sistem Informasi Administrasi Pejabat Pemerintahan New Version (SIAPP NV) pada Biro Administrasi Pejabat Pemerintahan, Kementerian Sekretariat Negara telah mengubah paradigma pengelolaan arsip di Biro Administrasi Pejabat Pemerintahan, Kementerian Sekretariat Negara. Peralihan dari dokumen fisik ke format digital telah menimbulkan perubahan dalam pengelolaan arsip dinamis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak implementasi SIAPP NV terhadap pengelolaan arsip dinamis, mengidentifikasi kendala yang dihadapi, serta menganalisis sejauh mana pengelolaan arsip elektronik yang dilaksanakan telah sejalan dengan pedoman dan standar yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, dan pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa SIAPP NV telah meningkatkan efisiensi proses bisnis dan pengelolaan arsip. Namun, masih ditemukan beberapa kendala, seperti belum optimalnya manajemen dokumen, hambatan adaptasi pegawai, dan belum terdapat regulasi internal yang secara khusus mengatur tentang pengelolaan arsip elektronik. Penelitian ini menyarankan perlu adanya pengembangan fitur-fitur baru, pelatihan bagi pengguna, dan penyusunan peraturan khusus untuk mendukung pengelolaan arsip elektronik yang lebih baik.
Copyrights © 2025