Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung dan tidak langsung pengaruh kompetensi pegawai dan fasilitas kerja terhadap kepuasan masyarakat melalui kualitas pelayanan sebagai variabel intervening pada kantor Balai Desa di Kecamatan Brangsong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah menerima pelayanan di Balai Desa Kecamatan Brangsong berjumlah 284 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang diperoleh dari rumus slovin dengan sampel berjumlah 166 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis outer model dan inner model. Pengukuran pada penelitian ini menggunakan alat bantu statistik yaitu SMART PLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pegawai berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap kepuasan masyarakat. fasilitas kerja berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap kepuasan masyarakat. serta terdapat pengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung antara kompetensi pegawai dan fasilitas kerja terhadap kepuasan masyarakat melalui kualitas pelayanan.
Copyrights © 2025