el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol. 5 No. 2 (2025): (September 2025)

Mendeteksi Hambatan Guru dalam Merancang Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Capaian Kompetensi

Pertiwi, Linda Ayu (Unknown)
Adilla, Ulfa (Unknown)
Ramadhan, Rahmat Reziq (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini mendeteksi hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam merancang evaluasi hasil belajar berbasis capaian kompetensi di SDN 24/II Koto Jayo. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam (n=9 guru), observasi partisipatif selama enam minggu, dan analisis dokumen (RPP, instrumen evaluasi, catatan penilaian). Analisis tematik mengungkap empat tema utama: (1) ketidakmerataan pemahaman terhadap capaian kompetensi dan rendahnya literasi asesmen; (2) keterbatasan waktu dan beban administratif; (3) keterbatasan sumber daya dan infrastruktur; dan (4) budaya penilaian tradisional yang masih kuat. Artikel ini memberikan rekomendasi praktis berupa pelatihan berbasis praktik, pendampingan berkelanjutan, penyederhanaan administrasi, pengembangan bahan asesmen kontekstual, dan sosialisasi kepada orang tua. Temuan diharapkan menjadi masukan bagi pengembangan profesional guru dan kebijakan pendidikan di tingkat lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

el-Madib

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam the journal is published by Center for Research, Publications and Community Service Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. It’s dedicated for the publication of scientific articles in Islamic Basic Education. The languages used in this journal are ...