el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol. 5 No. 2 (2025): (September 2025)

Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Pada Siswa Kelas V Melalui Model Problem Based Learning

Nisa, Rizkia Ainun (Unknown)
Rahmi, Laili (Unknown)
Zuhara, Nidia (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning/PBL). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pengaatan, refleksi, dan perencanaan ulang. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 91/VI rantau Panjang, dengan jumlah 19 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi tes hasil belajar, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Pada siklus pertama, terdapat peningkatan rata-rata nilai siswa, dan pada siklus kedua peningkatan tersebut semakin signifikan. Peningkatan ini berupa peningkatan hasil belajar kognitif, pada pra penelitian dengan jumlah nilai 42,10%, siklus I 55,26% pada siklus ke II naik menjadi 78,94%. Selanjunya dari aspek afektif dari pra siklus nilai rata – rata yang di peroleh yaitu 51,84%, pada siklus I mendapatkan nilai sebesar 61,57%, lalu naik menjadi 78,29%. Terakhir pada aspek psikomotorik dari pra siklus 51,97%, pada saat siklus I nilai yang di dapatkan adalah 60,60% pada siklus ke II naik menjadi 80,26%, semua aspek tersebut dikatakan sudah mencapai ketuntasan. Dengan demikian, model PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

el-Madib

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam the journal is published by Center for Research, Publications and Community Service Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. It’s dedicated for the publication of scientific articles in Islamic Basic Education. The languages used in this journal are ...