Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh total penjualan, biaya iklan, dan biaya produksi terhadap profitabilitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 10 perusahaan sub sektor kecantikan dan kesehatan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan waktu pengamatan selama tahun 2019-2023, yang dimana berjumlah 50 unit analisis. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi data panel melalui EViews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, total penjualan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan, variabel biaya iklan dan biaya produksi berpengaruh tidak signifikan terhadap profitabilitas. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa variabel total penjualan, biaya iklan, dan biaya produksi berpengaruh signifikan terhadap proftabilitas.
Copyrights © 2025