Jurnal Kompetitif Bisnis
Vol. 3 No. 3 (2025): Jurnal Kompetitif Bisnis

PENGARUH TOTAL PENJUALAN, BIAYA IKLAN, DAN BIAYA PRODUKSI TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR KECANTIKAN DAN KESEHATAN

Rahmani, Khauliyah Risa (Unknown)
Destalia, Mediya (Unknown)
Hasanah, Jamingatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh total penjualan, biaya iklan, dan biaya produksi terhadap profitabilitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 10 perusahaan sub sektor kecantikan dan kesehatan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan waktu pengamatan selama tahun 2019-2023, yang dimana berjumlah 50 unit analisis. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi data panel melalui EViews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, total penjualan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan, variabel biaya iklan dan biaya produksi berpengaruh tidak signifikan terhadap profitabilitas. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa variabel total penjualan, biaya iklan, dan biaya produksi berpengaruh signifikan terhadap proftabilitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Kompetitif bisnis adalah jurnal kajian bisnis yang diterbitkan dua kali dalam setahun (Maret dan November) oleh Administrasi Bisnis-FISIP Universitas Lampung. Topik artikel yang diterbitkan adalah penelitian teoritis dan empiris yang berfokus pada studi tentang bisnis Topik artikel: Keuangan, ...