Progressus Humanitatis
Vol 1 No 2 (2025): Progressus Humanitatis

Pengaruh Green Marketing dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Member pada Tanatap Coffee AmperaJakarta Selatan

Amelia, Fira (Unknown)
Dumarya Manik, Cornelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2025

Abstract

Pertumbuhan industri kopi di Indonesia berkembang signifikan seiring meningkatnya kesadaran konsumen terhadap produk ramah lingkungan dan ulasan pelanggan daring. Hal ini menunjukkan bahwa Green Marketing dan Online Customer Review menjadi faktor penting dalam keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Green Marketing dan Online Customer Review terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun simultan, pada member Tanatap Coffee Ampera, Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik random sampling terhadap 157 responden, dengan pengumpulan data melalui kuesioner skala Likert. Hasil menunjukkan bahwa Green Marketing berpengaruh signifikan dengan regresi Y = -2,076 + 1,049X1 (korelasi 0,761; determinasi 57,9%), dan Online Customer Review juga berpengaruh signifikan dengan regresi Y = -3,995 + 1,109X2 (korelasi 0,858; determinasi 73,4%). Secara parsial, Online Customer Review memiliki pengaruh yang lebih kuat dibanding Green Marketing yang hampir tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian member Tanatap Coffee Ampera. Namun, secara simultan, keduanya berpengaruh signifikan dengan regresi Y = -5,101 + 0,155X1 + 0,985X2 (korelasi 0,740; determinasi 74%), yang mengindikasikan bahwa variabel tersebut memiliki tingkat hubungan yang kuat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ph

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Progressus Humanitatis (PH) adalah Jurnal Ilmiah membahas secara rinci berbagai penelitian empiris tentang topik ekonomi, bisnis, manajemen, dan kewirausahaan. Jurnal ini menyediakan forum pertukaran ilmiah bagi akademisi, praktisi, dan peneliti independen dengan menerbitkan penelitian empiris yang ...