Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan serta kelayakan materi ajar berbantuan web thinglink pada materi teks deskripsi di kelas VII SMP Swasta YPI Deli Tua. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Borg and Gall dengan enam tahapan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Tahapan yang digunakan yakni potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, dan produk akhir. Adapun hasil dari skor validasi materi yang diperoleh sebesar 92,25% dan jumlah skor validasi media 91, 30%. Berdasarkan hasil dari skor tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa materi ajar berbantuan web thinglink materi teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Swasta YPI Deli Tua masuk dalam kategori “Sangat Layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil materi ajar yang telah dikembangkan mampu diakses dengan menggunakan gawai, tablet, maupun komputer dengan mudah melalui pranala yang telah tersedia.
Copyrights © 2025