ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education
Vol. 3 No. 1 (2025): JURNAL ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education

Adab Menuntut Ilmu Berdasarkan Hadist Nabi dan Relevansinya Dengan Pendidikan Dasar Islam

Ashwary, Fajar (Unknown)
Nur Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2025

Abstract

Adab menuntut ilmu memiliki peran penting dalam pendidikan Islam, khususnya dalam membentuk karakter peserta didik. Rasulullah SAW menekankan nilai-nilai sopan santun, penghormatan terhadap guru, keikhlasan, dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran. Namun, tantangan modern seperti materialisme dan pengaruh media sosial sering kali mengaburkan niat tulus siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji relevansi adab menuntut ilmu berdasarkan hadis Nabi dalam pendidikan dasar Islam. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur terhadap teks hadis dan literatur keislaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai adab, seperti penghormatan kepada guru dan keikhlasan, mampu mencetak peserta didik yang berakhlak mulia, cerdas intelektual, dan berintegritas moral. Kesimpulannya, nilai-nilai adab menuntut ilmu yang diintegrasikan dalam pendidikan dasar Islam dapat menjadi landasan strategis untuk menghadapi tantangan modern. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya prioritas pada penguatan adab dalam sistem pendidikan Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ABANNA

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education is publishes scholarly research on Contemporary Islamic educational institutions and Islamic education. The articles of this journal are published bi-annually: June and December. ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education is the leading ...