Pendidikan merupakan suatu yang krusial sehingga pendidikan menjadi kebutuhan setiap orang. Dalam mencapai tujuan pendidikan tidak terlepas dari biaya. Pemberian beasiswa yang diberikan oleh instansi tempat mahasiswa belajar sebagai upaya untuk memberikan motivasi belajar dan modal untuk meningkatkan motivasi hasil belajar. Pemberian beasiswa seharusnya relevan dengan tujuan untuk meningkatkan pendidikan. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan diantaranya untuk mengetahui tingkat pemberian beasiswa mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang. Untuk mengetahui tingkat motivasi belajar mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang. Untuk mengetahui adakah hubungan pemberian beasiswa terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah populasi 79. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yakni variabel (X) yaitu pemberian beasiswa sebagai variabel bebas dan variabel (Y) yaitu motivasi belajar mahasiswa sebagai variabel terikat. Metode atau teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling Insidental, maka dalam penelitian ini peneliti melakukan penyebaran angket melalui Google Formulir. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis data dilakukan pada mahsiswa Fakultas Agama Islam dan penjabaran setiap program studi yang ada di Fakultas Agama Islam yaitu pada mahasiswa PAI, PGMI, dan HES. Berdasarkan hasil penelitian pada Universitas Muhammadiyah Magelang membuktikan bahwa tingkat pemberian beasiswa terhadap motivasi belajar mahasiswa FAI dengan kategori sangat baik, sedangkan dalam setiap program studi dalam tingkat tidak baik. Tingkat motivasi belajar mahasiswa FAI pada kategori tidak baik, begitu pula pada setiap program studi. Hubungan pemberian beasiswa terhadap motivasi belajar pada FAI cukup kuat, pada program studi PAI memiliki hubungan yang cukup kuat, pada mahasiswa PGMI memiliki hubungan yang rendah dan pada mahasiswa HES tidak terdapat hubungan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023