Jurnal Abdimas Prakasa Dakara
Vol. 5 No. 2 (2025): Membangun Kemandirian Komunitas: Sinergi Digital, Partisipatif, dan Kultural da

Peningkatan Literasi Akses Pendidikan Tinggi Melalui Sosialisasi Program KIP Kuliah di Daerah Tertinggal

Faiz, Faiz Fikri Al Fahmi (Unknown)
Arya Wiessesa (Unknown)
Konita (Unknown)
Wulandari (Unknown)
Hafiz Abdillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2025

Abstract

Abstrak Akses Pendidikan tinggi di Indonesia masih menghadapi berbagai kendala, khususnya di daerah tertinggal yang memiliki keterbatasan informasi dan literasi pendidikan. Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah hadir sebagai upaya pemerintah untuk membuka peluang bagi siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Namun, pemanfaatan program ini belum optimal karena banyak siswa yang belum memahami pendaftaran maupun manfaat yang ditawarkan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi akses pendidikan tinggi melalui sosialisasi KIP kuliah. Metode kegiatan dilaksanakan dalam bentuk ceramah interaktif, diskusi kelompok, simulasi pendaftaran online, dan tanya jawab partisipatif. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2025 dan diikuti 70 siswa kelas XII SMA Citra Madani, Desa Daon, Rajeg, Kabupaten Tangerang. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta memberikan respon positif dan antusiasme tinggi. Kesimpulannya, sosialisasi KIP kuliah berperan penting dalam meningkatkan literasi pendidikan tinggi, serta menumbuhkan motivasi siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japd

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Abdimas Prakasa Dakara is a peer-reviewed and open-access journal managed and published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kusuma Negara, Jakarta, half-yearly in April and October. The aims to be open access ...