Laporan ini membahas pelaksanaan program Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat (PMkM) dengan judul “Edukasi Bahasa Inggris kepada Anak Remaja melalui Metode Fun Learning”. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan minat dan kemampuan dasar Bahasa Inggris khususnya anak remaja usia 12-15 tahun melalui metode pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Program ini dilaksanakan dalam bentuk kelas tatap muka dan permainan edukatif yang melibatkan aktivitas seperti kuis, serta media visual seperti PowerPoint. Pendidikan Bahasa Inggris pada usia remaja 12 -15 tahun merupakan tahap penting dalam membentuk dasar kemampuan berbahasa asing yang baik. Namun, pendekatan yang sangat fokus pada tata bahasa dan hafalan seringkali membuat anak- anak merasa jenuh dan kurang termotivasi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengeksplorasi atau mengingat kembali kosakata sehari-hari dari segi pelafalan dan daya ingat anak-anak remaja di bawah binaan Yayasan Asrama Asuh Dompet Yatim dan Dhuafa Lebak Bulus. Metode Fun Learning menggabungkan permainan edukatif dan pembelajaran berbasis proyek yang dirancang untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Hasil implementasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam berbicara aktif siswa, keberanian dalam berbicara Bahasa Inggris serta pemahaman kosakata dan struktur kalimat. Dengan demikian metode Fun Learning terbukti efektif sebagai pendekatan dalam pengajaran Bahasa Inggris kepada anak remaja usia 12-15 tahun.
Copyrights © 2025