Rendahnya pangsa pasar melon premium dibandingkan dengan melon konvensional yang disebabkan oleh persepsi konsumen terhadap harga melon premium yang lebih mahal, sehingga hanya menarik segmen pasar tertentu, yaitu kalangan menengah ke atas. Dalam menghadapi tantangan ini, experiential marketing diperlukan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen terhadap produk melon premium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiental marketing terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan sebagai variabel mediasi. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2024 hingga Juni 2025. Penelitian ini dilakukan di Rareplant Tasikmalaya dengan responden berjumlah 80 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan accidental sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Metode statistik data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan Partial Least Square (PLS) dengan program SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiential marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dan kepuasan berpengaruh signifikan dalam memediasi experiential marketing terhadap loyalitas konsumen.
Copyrights © 2025