Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki sistem peraturan yang berperan penting dalam membentuk kepribadian, disiplin, dan ketahanan mental (resiliensi) santri. Pengurus pesantren berperan sentral dalam mengatur serta mengawasi penerapan peraturan tersebut agar tujuan pendidikan tercapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan peran pengurus dalam penerapan peraturan pondok untuk meningkatkan disiplin santri; (2) menganalisis peran pengurus dalam penerapan peraturan pondok untuk meningkatkan resiliensi santri; dan (3) mengidentifikasi tantangan yang dihadapi pengurus dalam meningkatkan disiplin dan resiliensi santri di Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin Dalem Utara Dalem Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengurus memiliki peran strategis dalam pembentukan disiplin dan resiliensi santri melalui penerapan peraturan yang konsisten, keteladanan, serta pendekatan edukatif. Selain itu, pengurus menghadapi berbagai tantangan, seperti perbedaan karakter santri, tingkat kepatuhan, dan keterbatasan sumber daya, namun tetap berupaya mengatasinya melalui komunikasi, pembinaan, dan kerja sama yang baik antar-pengurus.
Copyrights © 2025