Kelola: Journal of Islamic Education Management
Vol. 10 No. 1 (2025): Kelola: Journal of Islamic Education Management

NILAI-NILAI PEMBELAJARAN KEBERMAKNAAN HIDUP BAGI PENYANDANG DISABILITAS NON GENETIK DI KOTA PALOPO, INDONESIA

Abdul Kadir (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami nilai kebermaknaan hidup bagi penyandang disabilitas non genetik di Kota Palopo. Menggunakan jenis penelitian kualitatif dalam pendekatan fenomenologi. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi. Triangulasi merupakan metode dalam penelitian yang melibatkan beberapa sumber data, teknik analisis, atau pendekatan teoritis untuk meningkatkan validitas dan reliabilitas hasil penelitian. Terdapat empat informan terdiri dari berbagai latar belakang dan jenis disabilitas non genetik yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Kriteria penentuan informan meliputi : (1) penyandang disabilitas non genetic, (2) laki_laki dan Perempuan, (3) memiliki nilai kebermaknaan hidup. Adapun temuan penelitian menemukan : (1) Proses kebermaknaan hidup yaitu penyebab kedisabilitasan, masa pemulihan, dan akses mobilitas. nilai kebermaknaan hidup yang positif berperan penting dalam membangun nilai kebermaknaan hidup informan. (2) faktor-faktor seperti penerimaan diri dan makna hidup yang positif, sumber dukungan motivasi, peran kemandirian, kegiatan positif, dan figur inspirasi. Studi ini memberikan wawasan mendalam mengenai kompleksitas kebermaknaan hidup bagi penyandang disabilitas non genetik di Kota Palopo, serta menyarankan pentingnya dukungan sosial dan aksesibilitas yang memadai bagi mereka. Penelitian ini juga menyoroti perlunya pendekatan holistik dalam menangani isu-isu terkait disabilitas non genetik, termasuk intervensi yang berbasis komunitas dan kebijakan inklusif untuk meningkatkan kesejahteraan mereka secara keseluruhan. Kata Kunci,: Nilai kebermaknaan hidup, Penyandang disabilitas non genetik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kelola

Publisher

Subject

Education Other

Description

is a journal that supports discussion and learning in Islamic education management. This journal, published twice in Kelola, accepts published from all management educators who are approved to reflect on their professional practice and to facilitate readers in exploring what or how to teach students ...