Kelola: Journal of Islamic Education Management
Vol. 10 No. 1 (2025): Kelola: Journal of Islamic Education Management

HUBUNGAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA DAN PLURALISME DENGAN INTERAKSI KELAS

Jannatul Ma`wa (Unknown)
Bustanul Iman RN (Unknown)
H. Syamsu Sanusi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Artikel ini membahas hubungan sikap toleransi beragama dan pluralisme dengan interaksi kelas. Secara spesifik penelitianmengungkap hubungan sikap toleransi beragama dengan interaksi kelas peserta didik. Mengungkap hubungan pluralisme dengan interaksi kelas peserta didik. Mengungkap hubungan secara bersama-sama sikap toleransi beragama dan pluralisme dengan interaksi kelas. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto, dengan populasi peserta didik fase D kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Palopo, yaitu sebanyak 82 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh atau total sampling. Teknik pengumpulan data: Observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, uji heteroskedastisitas, uji multikoliniearitas, uji koefisien determinasi, uji korelasi pearson dan uji korelasi simultan, dengan bantuan aplikasi Microsoft Excel 2021 dan SPSS for Windows Ver. 30. Hasil penelitian: 1) ada hubungan yang erat dan positif antara sikap toleransi beragama dengan interaksi kelas peserta didik. Hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai korelasi pearson sebesar 0,971 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. 2) ada hubungan yang erat dan positif antara pluralisme dengan interaksi kelas peserta didik. Hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai korelasi pearson sebesar 0,933 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. 3) ada hubungan yang erat dan positif antara sikap toleransi beragama dan pluralisme dengan interaksi kelas peserta didik, yang ditunjukkan oleh nilai R yang diperoleh sebesar 0,979 atau sama dengan 97,9% dan nilai signifikansi F Change sebesar 0,001 < 0,05. Selanjutnya dilakukan uji Koefisien Determinasi dan diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,957 atau 95,7% atau dapat dibulatkan 96%, artinya besar pengaruh sikap toleransi beragama dan pluralisme terhadap interaksi kelas adalah 96% sedangkan sisanya yaitu 4% dipengaruhi oleh faktorfaktor penyebab lainnya yang berasal dari luar regresi. Kata Kunci: Sikap Toleransi Beragama, Pluralisme, Interaksi Kelas

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kelola

Publisher

Subject

Education Other

Description

is a journal that supports discussion and learning in Islamic education management. This journal, published twice in Kelola, accepts published from all management educators who are approved to reflect on their professional practice and to facilitate readers in exploring what or how to teach students ...