Kelola: Journal of Islamic Education Management
Vol. 10 No. 1 (2025): Kelola: Journal of Islamic Education Management

STRATEGI GURU DALAM PEMBINAAN SALAT BERJAMAAH PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU DAN MADRASAH TSANAWIYAH

Miftahuzzuhda (Unknown)
Hj. Anita Marwing (Unknown)
Taqwa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Artikel ini membahas tentang strategi guru dalam pembinaan salat berjamaah di SMPIT Insan Madani dan MTS DDI Palopo. Penelitian ini mengungkap bagaimana strategi guru dalam pembinaan salat berjemaah yang diterapkan di SMPIT Insan Madani dan MTS DDI Palopo, faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan salat berjemaah di SMPIT Insan Madani dan MTS DDI Palopo, dan optimalisasi strategi guru dalam pembinaan salat berjamaah di SMPIT Insan Madani dan MTS DDI Palopo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru PAI dan peserta didik SMPIT Insan Madani dan MTS DDI Kota Palopo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik analisis data yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi guru dalam pembinaan salat berjamaah di SMPIT Insan Madani yaitu dengan cara pembimbingan dan pembinaan, keteladanan dan pendekatan secara emosional. Sedangkan strategi guru dalam pembinaan salat berjamaah di MTS DDI Palopo yaitu dengan cara membiasakan kepada peserta didik untuk selalu melaksanakan salat lima waktu. (2) Faktor pendukung dalam pebinaan salat berjamaah di SMPIT Insan Madani yaitu tersedianya tempat wudhu, serta sekolah menyediakan perlengkapan salat seperti mukena, sarung, dan peci. Adapun faktor penghambat dalam pebinaan salat berjamaah di SMPIT Insan Madani yaitu terkendala air dan kesadaran dari sebagian peserta didik itu sendiri. Sedangkan Faktor pendukung dalam pembinaan salat berjamaah di MTS DDI Palopo yaitu antusias peserta didik mengikuti kegiatan. Adapun faktor penghambat dalam pebinaan salat berjamaah di MTS DDI Palopo yaitu perilaku peserta didik yang belum teratur. (3) Optimalisasi strategi guru dalam pembinaan salat berjamaah peserta didik di SMPIT Insan Madani yaitu dengan menjadi contoh teladan bagi peserta didik. Sedangkan optimalisasi strategi guru dalam pembinaan salat berjamaah peserta didik di MTS DDI Palopo yaitu dengan pemberian nasihat. Kata Kunci: Strategi, Salat Berjamaah, Guru Pendidikan Agama Islam

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kelola

Publisher

Subject

Education Other

Description

is a journal that supports discussion and learning in Islamic education management. This journal, published twice in Kelola, accepts published from all management educators who are approved to reflect on their professional practice and to facilitate readers in exploring what or how to teach students ...