Kelola: Journal of Islamic Education Management
Vol. 10 No. 2 (2025): Kelola: Journal of Islamic Education Management

EVALUASI KURIKULUM ISMUBA DALAM PERSPEKTIF PENGEMBANGAN KELEMBAGAAN SEKOLAH DI SMP MBS PALOPO

Muhammad Yusuf (Unknown)
Muh. Fadhil (Unknown)
Syukur Yuwono (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) dalam kaitannya dengan pengembangan kelembagaan sekolah di SMP MBS Palopo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Kurikulum ISMUBA di SMP MBS Palopo telah berjalan secara sistematis dan terintegrasi dalam program sekolah, baik pada aspek perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi pembelajaran. Kurikulum ISMUBA berkontribusi signifikan terhadap penguatan identitas kelembagaan, peningkatan kualitas karakter keislaman siswa, serta memperkuat budaya sekolah berbasis nilai-nilai Muhammadiyah. Namun demikian, masih ditemukan beberapa kendala, seperti keterbatasan sumber daya pendidik dan sarana pendukung pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan perlunya peningkatan kompetensi guru ISMUBA serta optimalisasi kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan lingkungan sekitar guna mendukung pengembangan kelembagaan yang lebih efektif dan berkelanjutan. Kata Kunci: : Kurikulum ISMUBA, Pendidikan Agama Islam, SMP MBS Palopo

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kelola

Publisher

Subject

Education Other

Description

is a journal that supports discussion and learning in Islamic education management. This journal, published twice in Kelola, accepts published from all management educators who are approved to reflect on their professional practice and to facilitate readers in exploring what or how to teach students ...