Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Published

ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENGGUNAKAN MEDIA POWTOON PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS)

Muhammad Farhanudin (Unknown)
Fajar Setiawan (Unknown)
Deni Adi Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2025

Abstract

Motivasi belajar merupakan suatu kekuatan, daya pendorong, dan keinginan yang kuat dalam diri peserta didik untuk belajar secara aktif, kreatif, inovatif, efektif, menyenangkan dalam belajar, baik aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Dalam pembelajaran tentunya dibutuhkan sebuah metode pembelajaran yang menarik agar peserta didik tidak merasakan bosan dalam pembelajaran. Media pembelajaran sangat banyak sekali yang bisa dimaanfatkan oleh guru salah satunya yaitu Powtoon. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar peserta didik dalam menggunakan media Powtoon pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan wawancara. Adapun hasil penelitian yang didapatkan bahwa media powtoon bisa memberikan dampak positif untuk motivasi belajar peserta didik ditunjukan dengan motivasi belajar yang tinggi seperti peserta didik memahami materi, mampu menyelesaikan tugasnya, dan menjawab pertanyaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...