Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Published

ANALISIS DAMPAK BLOCKCHAIN PADA PENDIDIKAN

Nurmailis (Unknown)
Zetra Hainul Putra (Unknown)
Jesi Alexander Alim (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital menghadirkan peluang baru bagi dunia pendidikan untuk meningkatkan kualitas, keamanan, dan transparansi data akademik yaitu blockchain. Teknologi ini menawarkan sistem desentralisasi yang mampu menjamin keaslian data, mengurangi risiko pemalsuan sertifikat, serta mendorong efisiensi administrasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak blockchain pada pendidikan dengan menggunakan metode studi literatur kualitatif melalui pendekatan prisma. Artikel yang dianalisis diperoleh dari basis data Google Scholar, dengan rentang publikasi tahun 2021 hingga 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa blockchain berdampak positif terhadap keamanan data, validitas sertifikat, efisiensi administrasi, serta pengakuan kredensial internasional. Namun, penerapannya masih menghadapi tantangan berupa keterbatasan infrastruktur, regulasi yang belum matang, serta literasi digital yang rendah di kalangan pendidik dan peserta didik. Blockchain memiliki potensi besar sebagai fondasi transformasi pendidikan masa depan, meskipun membutuhkan dukungan kebijakan dan kesiapan sumber daya manusia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...