Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan agen BRILink di Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagar Alam. Agen BRILink merupakan perpanjangan tangan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang diharapkan dapat menjangkau masyarakat di daerah yang belum sepenuhnya terlayani oleh kantor Bank cabang perbankan Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap sejumlah agen BRILink serta masyarakat di Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagar Alam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan Agen BRILink memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan inklusif keuangan masyarakat dan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan berbagai transaksi perbankan seperti tarik tunai, setor tunai, transfer, top up dana, pembelian, dan penagihan. Namun berdasarkan hasil penelitian, masih ditemukan beberapa kendala seperti kendala seperti keterbatasan jaringan dan pemahaman masyarakat, perlunya peningkatan kepercayaan masyarakat. Dukungan dari pihak Bank dan edukasi finansial diperlukan untuk meningkatkan efektivitas layanan guna mendukung pengembangan yang lebih optimal, serta sosialisasi kepada masyarakat untuk mengoptimalkan peran agen BRILink diwilayah tersebut. Kata Kunci : Agen BRILink, Akses Layanan, Transaksi Perbankan
Copyrights © 2025