SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 20, No 2 (2024): SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis

TRANSFORMASI SPENDER MENJADI PENGUSAHA: BIAS-BIAS EMOSI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI KEDAI KOPI INDEPENDEN

Riasita, Franciska Desti (Unknown)
Rita, Maria Rio (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2025

Abstract

Fenomena gelombang kopi memperlihatkan peralihan perilaku konsumen kopi yang menjadi akhirnya tertarik untuk memiliki kedai kopi sendiri atau yang dikenal dengan istilah kedai kopi independen. Penelitian ini memetakan tingkat bias emosi dari pelaku usaha kedaikopi independent di Kota Salatiga meliputi: excessive optimism, overconfidence, dan illusion of control. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif untuk mengukur tingkat bias emosi dari pengusaha dalam investasi kedai kopi independent. Data primerdiperoleh melalui survey dengan menyebarkan kuesioner dan dilengkapi wawancara mendalam dengan 14 responden. Temuan menunjukkan bahwa pelaku usaha kedai kopi memiliki tingkat bias excessive optimism, overconfidence, dan illusion of control yang tergolong tinggi engan rata-rata masing-masing sebesar 7.96; 7.78 dan 7.96. Bagi calon maupun pengusaha wajib merencanakan keputusan investasi secara matang karena melibatkan dana yang besar serta pengelolaan emosi yang bijak dalam proses pengambilan keputusan bisnis. Studi ini menarik untuk dilakukan karena adanya pergeseran perilaku dari spender menjadi pengusaha, apakah bias emosi mendominasi keputusan investasi pengusaha tersebut. Fakta ini menyisakan ruanguntuk dieksplore lebih lanjut dengan menguji nexus bias emosi baik sebagai determinan maupun konsekuensi dalam penelitian mendatang.

Copyrights © 2024