JURNAL PENDIDIKAN IPS
Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN IPS

Upaya Meningkatkan Literasi Membaca Siswa dengan Inovasi Media Pembelajaran E-Magazine Mata Pelajaran IPS Kelas VIII F SMPN 16 Malang

Lidiyatul Muna (Unknown)
Nurul Ratnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2025

Abstract

Literasi membaca memegang peranan krusial dalam proses belajar siswa, sebab dapat meningkatka kompetensi berfikir kritis siswa, pembiasaan membaca akan menambah wawasan ilmu pengetahuan, melatih kemampuan memahami, menganalisis, mengidentifikasi, mengevaluasi suatu informasi. Artikel ini bertujuan dalam Upaya meningkatkan literasi membaca siswa melalui inovasi media pembelajaran E-Magazine mata Pelajaran IPS siswa kelas VIII F di SMPN 16 Malang, hasil observasi awal menunjukkan bahwa kurangnya motivasi siswa dalam literasi membaca.  E-magazine adalah sebuah majalah elektronik yang diterbitkan secara digital, yang dapat diakses melalui smartphone atau computer, E-magazine berisikan artikel yang kompleks, gambar, video, audio, dan tautan interaktif, media pembelajaran dimanfaatkan dalam proses pembelajaran bertujuan guna meningkatkan kompetensi berpikir kritis, motivasi belajar siswa melalui pendekatan, model, metode pembelajaran yang akan diterapkan oleh guru dengan mengintegrasikan media pembelajaran E-Magazine. metode penelitian menggunakan pendekatan R&D jenis penelitian menggunakan Anlysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Temuan penelitian menemukan bahwasanya terdapat perubahan signifikan pada hasil belajar siswa cukup efektif setelah penerapan media pembelajaran E-Magazine.teknik pengumpulan data dengan tes (pretest dan poste, observasi, dan kuesioner pemanfaatan analisis data dengan uji validitas media dan materi, uji realibitas, uji t berpasangan, uji distribusi frekuensi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan IPS STKIP Taman Siswa Bima adalah jurnal penelitian peer-review, akses terbuka berkualitas tinggi yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa Bima (LPPM STKIP Tamsis Bima). Jurnal ini menyediakan ...