Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 1 (2024): January - March 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Konten Kreatif TikTok Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

Wisnujati, Novia Putri (Unknown)
Bintoro, Henry Suryo (Unknown)
Purwaningrum, Jayanti Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Proses pembelajaran yang masih didominasi oleh guru dan minimnya pelibatan teknologi dalam pembelajaran, menyebabkan terjadinya pembelajaran satu arah dan berakibat pada rendahnya daya nalar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa serta kemampuan penalaran matematis siswa dengan model pembelajaran discovery learning yang berbantu konten kreatif TikTok. Kami menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan sebanyak 70 siswa. Selanjutnya, teknik sampling jenuh pada proses pengambilan sampel, serta istrument test kemampuan penalaran matematis dengan materi statistika digunakan untuk mengumpulkan data. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Kami menemukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis antara siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media TikTok

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...