Masalah utama yang dialami siswa saat ini adalah rendahnya keaktifan dan hasil belajar matematis siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan guru melalui penerapan model kooperatif tipe Jigsaw. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada materi logika matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan melibatkan kelas X Perhotelan SMK Negeri 1 Bonehau sebanyak 25 orang dengan dua siklus pembelajaran. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan aktivitas belajar siswa pada setiap indikator yang diamati, yaitu kehadiran serta keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan baik kepada guru maupun kepada teman, menawarkan ide/menjawab pertanyaan guru maupun teman dan membantu teman dalam belajar mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Kami juga menemukan ketuntasan hasil belajar siswa yang lebih baik pada setiap siklusnya. Selain itu, kami menemukan kemajuan tingkat kemampuan siswa dalam memahami materi logika matematika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024