Penggunaan media dalam pembelajaran memberikan dampak bagi siswa dalam memahami materi dan mendorong keterlibatan aktif siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media Quizizz dalam pembelajaran matematika guna meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan melibatkan siswa di SDN Karanganyar Gunung 02. Instrumen yang digunakan meliputi tes interaktif melalui media Quizizz dan angket motivasi belajar peserta didik dan wawancara. Analisis yang digunakan meliputi Pengumpulan Data; Reduksi Data, Penyajian Data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Quizizz dalam pembelajaran FPB mampu meningkatkan pemahaman mereka dan mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. Pemanfaatan media Quizizz dalam pembelajaran matematika materi FPB untuk kelas 4 SDN Karanganyar Gunung 02 memberikan kontribusi positif terhadap proses pembelajaran. Interaksi yang lebih dinamis antara peserta didik dan materi pembelajaran melalui media digital membawa dampak positif bagi pemahaman konsep FPB serta minat belajar peserta didik terhadap matematika secara keseluruhan. Hal ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran matematika dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif bagi peserta didik.
Copyrights © 2024