Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 1 (2024): January - March 2024

Efektivitas Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Papan Statistika pada Materi Statistika

Megawati, Megawati (Unknown)
Husniati, Andi (Unknown)
Sirajuddin, Sirajuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Model pembelajaran talking stick merupakan saah satu model yang berupaya menstimulus siswa untuk meningkatkan kemampuan matematisnya, namun sangat jarang peneliti yang mengintagrasikannya dengan media tertentu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menilai sejauhmana efektivitas model pembelajaran Talking Stick berbantuan media papan statistika bagi siswa di level sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experimental dengan design one-group pre-test post-test design dengan melibatkan 23 siswa kelas VI A SD Negeri Bawakaraeng 1 Makassar. Instrumen penelitian melibatkan tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas, dan angket respon siswa. Selanjutnya, data yang dikumpulkan melalui instrumen tersebut dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) skor rata-rata tes hasil belajar matematika peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran talking stik berbantuan media papan statistika berada pada kategori rendah, selanjutnya setelah diterapkan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media papan statistika maka hasil post-test berada pada kategori tinggi. ; (2) hasil analisis N-Gain ternormalisasi menunjukkan bahwa nilai rata-rata berada pada kategori tinggi;(3) Rata-rata persentase frekuensi aktivitas peserta didik telah mencapai kriteria efektif; (4) Angket siswa menunjukkan bahwa respon peserta didik terhadap model pembelajaran Talking Stick positif. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media papan statistik efektif digunakan pada materi statistika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...