Pendekatan metakognitif merupakan pendekatan pembelajaran merangsang peserta didik agar lebih menyadari pemikiran mereka, pengetahuan. dan kebutuhan untuk memperoleh pengalaman belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran metakognitif. Sampel penelitian sebanyak 1 kelas yang dipilih melalui teknik cluster random sampling dengan one group pretest-posttest sebagai desain penelitian. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes pretest dan posttest untuk memperoleh deskripsi hasil belajar sebelum dan setelah pendekatan metakognitif diterapkan; lembar observasi aktivitas peserta didik; serta angket respon peserta didik untuk mengetahui tanggapan peserta didik setelah diterapkan pendekatan metakognitif. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi dan teknik tes, serta pemberian angket. Teknik analasis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan metakognitif efektif diterapkan pada pembelajaran matematika karena memenuhi indikator efektivitas berupa rata-rata hasil belajar peserta didik, aktivitas peserta didik, dan respon yang positif terhadap proses pembelajaran dengan pendekatan metakognitif. Sehingga pendekatan metakognitif dapat dijadikan salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024