Salah satu upaya yang dilakukan untuk menciptakan suasana belajar yang menarik adalah melalui penggunaan media video pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap motivasi belajar matematika pada siswa sekolah dasar. Kami menggunakan metode kualitatif, subjek penelitian terdiri dari 8 siswa kelas 5 sekolah dasar. Instrumen penelitian ini terdiri dari post-tes untuk mengukur pemahaman siswa setelah pembelajaran, angket untuk mengumpulkan persepsi dan pengalaman terhadap penggunaan video pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dari hasil pengolahan data soal post test diperoleh hasil sangat baik dilihat dari frekuensi tertinggi yaitu 75%. 2) Respon siswa terhadap motivasi belajar matematika, memberikan kontribusi yang baik, sekitar 4% siswa memilih setuju. 3) Pemanfaatan video dalam pembelajaran memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar siswa, dilihat dari frekuensi sangat setuju 3,8%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar matematika terutama pada siswa sekolah dasar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024