Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 4 (2024): October - December 2024

Peningkatan Pemahaman Konsep pada Materi Perpangkatan Siswa SMP Berbasis Android Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Manurung, Muhammad Zakaria (Unknown)
Afifah, Nur (Unknown)
Hermanto, Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Beberapa permasalahan yang ditemukan dari studi awa meliputi minimnya pemahaman konsep siswa terkait perpangkatan, buku cetak yang tidak memiliki pembahasan materi perpangkatan, dan ketidakdisiplinan siswa dalam proses pembelajaran membuka handphone. Oleh karena itu, melalui upaya meningkatkan pemahaman konsep pada materi perpangkatan siswa SMP berbasis android menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Kami menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian Kemmis & McTaggart yang dikembangkan dari konsep Kurt Lewin dengan melibatkan kelas IX-8 UPT SMP Negeri 27 Medan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan lembar tes tertulis. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar hasil observasi dan lembar hasil tes yang diberikan kepada peserta didik sebanyak 5 butir soal. Indikator pada penelitian ini adalah membuat ulang konsep, menggunakan prosedur operasi tertentu, dan mengaplikasikan konsep terhadap pemecahan masalah Berdasarkan hasil uji coba diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 58,33% dengan peserta didik mencapai nilai ketuntasan klasikal sebesar 33,33% sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,36% dengan nilai ketuntasan klasikal sebesar 87,88% dengan nilai ketuntasan klasikal sebesar. Hal penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik dalam proses pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis android iSpring Suite pada materi perpangkatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...