Upaya untuk menciptakan pembelajaran salah satunya dengan penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauhmana pengaruh media pembelajaran problem-based learning berbantuan aplikasi Bangstar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi-eksperimen, yang dilaksanakan di SMP N 3 Bae Kudus. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran problem-based learning berbantuan aplikasi Bangstar menunjukkan bahwa perolehan hasil posttest kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol sehingga terdapat perbedaan pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis kelas eksperimen dan kelas kontrol yakni pada kelas eksperimen terjadi peningkatan sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,6 dengan kategori sedang. Peningkatan juga terjadi pada kelas eksperimen yakni dengan peningkatan sebesar 0,71 dengan kategori tinggi ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem-based learning berbantuan aplikasi Bangstar memiliki pengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
Copyrights © 2024