Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan etnomatematika membantu peserta didik menyelesaikan masalah geometri berdasarkan kecerdasan visual spasial. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kecerdasan visual spasial pada siswa tingkat rendah. Ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subyek yang dipilih dalam penelitian ini adalah satu subyek memiliki kecerdasan visual spasial rendah berdasarkan hasil tes yang dilakukan. Kami menggunakan tes kecerdasan spasial, tes pemecahan masalah etnomatematika, dan wawancara. Keabsahan data diperiksa dengan cara menggunakan triangulasi teknik, yaitu dengan memeriksa data dari sumber yang sama namun dengan teknik yang berbeda. Analisis dibuat berdasarkan faktor-faktor kemampuan menyelesaikan masalah dengan mempertimbangkan kecerdasan visual spasial. Penelitian menunjukkan bahwa subyek dengan kecerdasan visual spasial rendah dapat memahami masalah, membuat rencana solusi, dan mencoba memecahkan masalah tetapi tidak sepenuhnya berhasil dan mengalami kesulitan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024