Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 4 (2024): October - December 2024

Profil Pemecahan Masalah Etnomatematika pada Masalah Geometri Ditinjau dari Keceerdasan Visual Spasial

Prasetyowati, Dina (Unknown)
kartinah, kartinah (Unknown)
Damayani, Aries Tika (Unknown)
Wakhyudin , Husni (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan etnomatematika membantu peserta didik menyelesaikan masalah geometri berdasarkan kecerdasan visual spasial. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kecerdasan visual spasial pada siswa tingkat rendah. Ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subyek yang dipilih dalam penelitian ini adalah satu subyek memiliki kecerdasan visual spasial rendah berdasarkan hasil tes yang dilakukan. Kami menggunakan tes kecerdasan spasial, tes pemecahan masalah etnomatematika, dan wawancara. Keabsahan data diperiksa dengan cara menggunakan triangulasi teknik, yaitu dengan memeriksa data dari sumber yang sama namun dengan teknik yang berbeda. Analisis dibuat berdasarkan faktor-faktor kemampuan menyelesaikan masalah dengan mempertimbangkan kecerdasan visual spasial. Penelitian menunjukkan bahwa subyek dengan kecerdasan visual spasial rendah dapat memahami masalah, membuat rencana solusi, dan mencoba memecahkan masalah tetapi tidak sepenuhnya berhasil dan mengalami kesulitan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...