Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres kerja dan karakteristik individu terhadap kinerja guru di MAN 4 Sleman. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya kinerja guru sebagai faktor utama dalam mencapai tujuan pendidikan, di mana stres kerja dan karakteristik individu dapat menjadi faktor yang memengaruhi kualitas kerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi adalah seluruh guru di MAN 4 Sleman, dengan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres kerja berdampak negatif terhadap kinerja guru, sedangkan karakteristik individu berpengaruh positif dan signifikan. Secara simultan, stres kerja dan karakteristik individu berdampak signifikan terhadap kinerja guru. Temuan ini menunjukkan pentingnya manajemen stres dan pemahaman karakteristik individu dalam upaya peningkatan kinerja guru di lingkungan pendidikan.
Copyrights © 2025