Penelitian ini mengkaji tentang pemahaman materi ikhlas terhadap perilaku prososial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman materi ikhlas peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI RPL di SMKN Situraja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional atau penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan kuesioner atau angket. Penelitian menggunakan sampel dengan jumlah responden sebanyak 31 orang. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemahaman materi ikhlas pada siswa berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 80%. Untuk perilaku prososial pada siswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 87%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,005 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikansi antara pemahaman materi ikhlas terhadap perilaku prososial peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI RPL di SMKN Situraja. Pengaruh pemahaman materi ikhlas terhadap perilaku prososial peserta didik sebesar 43%.
Copyrights © 2025