Interaksi sosial adalah hubungan dinamis yang melibatkan komunikasi dan pengaruh timbal balik antara individu. Kurangnya interaksi sosial dapat memengaruhi kepekaan terhadap lingkungan dan prestasi belajar siswa. Untuk meningkatkan interaksi sosial siswa, dilakukan penelitian tentang keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi permainan tradisional rangku alu pada siswa SMP. Penelitian menggunakan metode kuantitatif pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling, dengan kriteria siswa kelas VIII D SMPN 2 Sumberpucung yang memiliki tingkat interaksi sosial rendah hingga sedang, bersedia menjadi responden, dan bersifat heterogen dari jenis kelamin. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada interaksi sosial siswa setelah treatment. Uji hipotesis dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,012 (< 0,05) mengindikasikan bahwa bimbingan kelompok dengan simulasi rangku alu efektif meningkatkan interaksi sosial. Peneliti menyarankan pendalaman teknik simulasi untuk hasil yang lebih optimal.
Copyrights © 2025