Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis multikultural terhadap penguatan sikap toleransi beragama siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Ajaran 2025/2026. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya penanaman nilai toleransi dalam lingkungan sekolah yang multikultural guna menciptakan kehidupan sosial yang harmonis. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII, dengan sampel 48 orang yang diperoleh melalui teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang valid dan reliabel mengenai pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis multikultural serta sikap toleransi beragama siswa. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear sederhana, uji-t untuk menguji signifikansi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, serta uji koefisien determinasi untuk mengetahui besarnya kontribusi variabel X terhadap variabel Y. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis multikultural berpengaruh signifikan terhadap penguatan sikap toleransi beragama siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi < 0,05 sehingga hipotesis penelitian diterima. Koefisien determinasi (R²) sebesar 74,3% menunjukkan kontribusi yang besar, sedangkan 25,7% dipengaruhi faktor lain. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis multikultural berperan penting dalam memperkuat sikap toleransi beragama siswa di SMP Negeri 37 Medan.
Copyrights © 2025