Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Build

Eksplorasi persepsi guru dan siswa terhadap implementasi PBL dalam Evaluasi Pembelajaran IPA di SMPN 2 Pasawahan Kabupaten Purwakarta (Studi wawancara mendalam tentang tantangan dan keunggulan penerapan PBL)

Yusi (Unknown)
Hendro Prasetyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi guru dan siswa terhadap implementasi Problem-Based Learning (PBL) dalam evaluasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMPN 2 Pasawahan, Kabupaten Purwakarta. Narasumber penelitian meliputi dua guru IPA (G1 dan G2), kepala sekolah (KS), serta dua siswa kelas VIII (S1 dan S2). PBL dianggap sebagai model pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Pendekatan kualitatif dengan studi kasus digunakan untuk memahami secara mendalam pengalaman, pandangan, tantangan, dan keunggulan penerapan PBL. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi kelas, kemudian dianalisis secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam penerapan PBL meliputi keterbatasan waktu, manajemen kelompok, kesiapan guru, serta fasilitas sekolah, sebagaimana diungkapkan oleh G1, G2, dan KS. Meskipun demikian, PBL memberikan keunggulan signifikan, termasuk meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman konsep IPA secara kontekstual, kemampuan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan literasi sains, sebagaimana dialami dan dijelaskan oleh S1 dan S2. Strategi optimalisasi PBL melibatkan perencanaan masalah yang relevan, manajemen kelompok yang seimbang, motivasi aktif dari guru, serta dukungan fasilitas dan pelatihan dari pihak sekolah. Temuan ini menegaskan bahwa keberhasilan implementasi PBL bergantung pada sinergi antara guru, siswa, dan institusi pendidikan. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi guru, siswa, dan sekolah dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran berbasis proyek serta mendukung tercapainya profil pelajar Pancasila.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...