Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Published

PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI MTs AL-FURQON, KABUPATEN FLORES TIMUR

Jafar, Armiyati (Unknown)
Rosmiati (Unknown)
Sudarmono , Muh Aidil (Unknown)
Mustamin (Unknown)
Hasriani, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Al-Furqon Koli Petung pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VIII. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan terlihat dari hasil lembar aktivitas siswa, di mana pada siklus I, 45% siswa berada pada kategori "Sedang," dan pada siklus II, 80% siswa mencapai kategori "Sangat Tinggi." Nilai rata-rata siswa juga meningkat dari 62,67 pada pra-siklus (ketuntasan 26,66%) menjadi 72,67 pada siklus I (ketuntasan 53,33%), dan mencapai 85,33 pada siklus II (ketuntasan 93,33%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Furqon Koli Petung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...