Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi berbasis data guna meningkatkan efektivitas pembelajaran kooperatif di SMA dengan menganalisis masalah implementasi. Penelitian ini melakukan systematic review terhadap 15 artikel terindeks Scopus, SINTA, dan Google Scholar (2015-2025) untuk menganalisis masalah implementasi pembelajaran kooperatif di SMA dan merumuskan rekomendasi berbasis bukti. Hasil sintesis data kuantitatif menunjukkan tiga masalah dominan: (1) 73% studi (n=11) mengidentifikasi kurangnya pelatihan guru (effect size d=1.15; p<0.01), (2) 67% (n=10) menemukan kendala manajemen waktu (d=0.92; p<0.05), dan (3) 53% (n=8) melaporkan motivasi siswa rendah (d=0.75; p<0.05). Analisis meta-regresi mengungkapkan bahwa masalah pelatihan guru memberikan kontribusi terbesar terhadap kegagalan implementasi (β=0.48; R²=0.39). Berbasis temuan ini, penelitian merekomendasikan: (1) program pelatihan in-service berbasis microteaching dengan pendekatan lesson study, (2) pengembangan modul time management khusus model kooperatif, dan (3) integrasi sistem peer assessment digital untuk meningkatkan akuntabilitas siswa. Rekomendasi ini didukung oleh konsistensi hasil lintas studi dan efektivitasnya yang teruji secara statistik dalam konteks pendidikan Indonesia.
Copyrights © 2025