Publikasi Pendidikan
Vol 15, No 3 (2025)

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Word Wall Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Fitrianti, Fitrianti (Unknown)
Sulfasyah, Sulfasyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Word Wall pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas VI Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model 4D oleh S. Thiagaranja, Dorothy S. Sammel, dan Melyn I. Sammel meliputi mendefinisikan, mendesain, mengembangkan, dan menyebarkan . Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respon guru dan siswa, tes membaca pemahaman, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu 1). Kevalidan media pembelajaran Word Wall ' berdasarkan ahli materi yaitu 95,6%, sedangkan ahli media yaitu 94,5% termasuk kategori sangat valid. 2).Kepraktisan media pembelajaran Word Wal berdasarkan angket respon guru dan siswa memperoleh nilai persentase masing-masing 100% kategori praktis sangat. 3). Keefektifan media pembelajaran Word Wal pada pemhaman membaca menggunakan peered sample t-test yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 atau nilai sig<0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil keterampilan membaca pemahaman siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen antar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Word Wall '. Dengan demikian, temuan ini menegaskan bahwa media pembelajaran Word Wall ' dapat menjadi alternatif efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...