ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam terkait dengan implementasi model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika berdasar perspektif dari teori konstruktivisme. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek meliputi key person yaitu guru wali kelas V dan seluruh siswa kelas V di SD Negeri Bakalan 02 Polokarto. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, guru menunjukkan kemampuan yang cukup baik dalam menerapkan lima sintaksis model Problem Based Learning (PBL). Dalam pelaksanaannya, guru memulai pembelajaran dengan menyajikan masalah kontekstual yang mengaitkan pengalaman siswa dengan materi yang dipelajari (apersepsi), mendorong eksplorasi ide, memfasilitasi diskusi dan tanya jawab, serta memberikan penguatan konsep melalui penjelasan langsung dan media video. Kegiatan pembelajaran menunjukkan keterlibatan aktif peserta didik dalam membangun pemahaman konsep secara bertahap, sebagaimana yang ditekankan dalam teori konstruktivisme. Dengan demikian, penerapan PBL terbukti dapat mendorong keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, serta memperkuat pemahaman konseptual peserta didik dalam pembelajaran matematika.Kata Kunci : Problem Based Learning, Pembelajaran Matematika, Teori KonstruktivismeABSTRACTThis study aims to thoroughly examine the implementation of the Problem Based Learning (PBL) model in mathematics instruction from the perspective of constructivist theory. The research employs a descriptive qualitative method, with the subjects consisting of a key informant, the grade V homeroom teacher, and all fifth-grade students at SD Negeri Bakalan 02 Polokarto. Data collection was conducted through observation, interviews, and documentation techniques. The findings reveal that the teacher demonstrates a competent ability to apply the five syntax stages of the PBL model. In practice, the teacher initiates learning by presenting contextual problems that link students’ prior experiences with the material (aperception), encourages idea exploration, facilitates discussion and questioning, and reinforces concepts through direct explanation and video media. The learning activities reflect active student engagement in progressively constructing conceptual understanding, consistent with the principles of constructivist theory. Therefore, the implementation of PBL proves effective in fostering critical thinking skills, problem-solving abilities, and strengthening students’ conceptual comprehension in mathematics learning.Keywords: Problem Based Learning, Mathematics Learning, Constructivist Theory
Copyrights © 2025