Journal Basic Education Skills
Vol 1 No 2 (2023): JBES (Journal Basic Education Skills)

Implementasi Media Pembelajaran Terpadu berbasis Video terhadap Motivasi Belajar Siswa

Iqbal Arrosyad, M (Unknown)
Andari, Dwi (Unknown)
Primarani, Tia (Unknown)
Nurkhalisa, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keberadaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam bentuk video pembelajaran. Adanya video pembelajaran ini merupakan upaya memotivasi siswa untuk belajar yang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan siswa tidak merasa bosan selama proses pembelajaran. Karena jarang guru menggunakan video dalam kegiatan pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan video sebagai media pembelajaran terpadu terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Angket untuk mengukur motivasi belajar, respon siswa dan penyajian video dalam pembelajaran terpadu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan video dalam pembelajaran terpadu memberikan kontribusi yang baik terhadap motivasi belajar siswa, dilihat dari frekuensi kategori sangat setuju sebesar 67,25%, 2). Siswa memberikan respon yang tidak begitu baik terhadap pembelajaran terpadu menggunakan video pembelajaran, dilihat dari frekuensi kategori sangat setuju yaitu 43,5%, 3) Penyajian video dalam pembelajaran terpadu telah tersaji dengan baik, Terlihat dari frekuensi kategori sangat setuju sebesar 63%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jbes

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JBES (Journal Basic Education Skills) is a collection of scientific articles resulting from research and literature reviews of teachers, lecturers and other educational practitioners related to education in elementary schools. This journal has coverage that discusses the study of Learning Models, ...